Mutiara Kata Para Ulama dan Cendekia

Allah Telah Menentukan Batasan-Batasan

Sesungguhnya Allah menurunkan sebuah kitab yang memberi petunjuk dengan menjelaskan antara yang baik dan yang buruk. Maka ambillah yang baik dan tinggalkanlah yang buruk, tunaikan kewajiban-kewajiban untuk Allah niscaya kalian akan diantar ke surga. Sesungguhnya Allah menggariskan kesucian-kesucian yang nyata – yang menjadi kehormatan – agar tidak dilanggar dan Dia memuliakan kehormatan muslim atas semua kehormatan, muslim hakiki adalah orang yang mana orang-orang muslim lainnya selamat dari lisan dan tangannya kecuali dengan yang haqq. Tidak dibenarkan menyakiti muslim kecuali jika ada perkara yang mengharuskan.
Bersegeralah pada urusan orang banyak, sebab khalayak ramai ada di depan kalian sementara dari belakang kalian adalah waktu sedang mengejarmu. Maka berpaculah niscaya kalian akan menyusul, karena manusia yang paling akhir menanti.
Bertakwalah kepada Allah dalam urusan hamba-hamba-Nya dan urusan negeri-Nya karena kalian bertanggung jawab hingga atas masalah jengkal tanah maupun ternak. Taatilah Allah dan jangan sekali-kali menentang-Nya, jika kalian melihat kebaikan maka ambillah dan jika kalian melihat keburukan maka tinggalkanlah. Ingatlah kala kalian masih ditindas di muka bumi.

(Ali bin Abi Thalib)


[Dari buku : 1001 Kisah Teladan/Hani Al Haj/Pustaka al Kautsar/h. 386]
Back To Top