Mutiara Kata Para Ulama dan Cendekia

Ingatlah mati!

Wahai hamba Allah, ingatlah mati! Ingatlah mati! Karena kamu tidak bisa menghindar darinya. Bila kamu diam, ia akan datang menghampirimu, dan bila kamu lari, ia akan datang mengejar kamu. Ia terikat pada ubun-ubunmu.
Carilah keselamatan, carilah keselamatan. Di belakangmu ada kubur yang selalu mengejar kamu. Ingatlah bahwa kubur itu bisa merupakan salah satu taman dari taman-taman surga, dan bisa pula merupakan salah satu jurang dari jurang-jurang neraka. Ingatlah bahwa sesungguhnya kubur itu setiap hari berbicara tiga kali, dengan perkataan. “Aku adalah rumah gelap, aku adalah rumah duka cita dan aku adalah rumah ulat”.
Ingatlah, bahwa setelah itu ada suatu hari yang lebih ngeri, dimana pada hari itu anak muda langsung beruban, orang tua pingsan, semua orang yang menyusui anaknya lalai terhadap anak yang disusuinya, semua wanita yang hamil menggugurkan kandungannya dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi siksaan Allah itu sangat keras. Ingatlah, bahwa setelah itu ada neraka panas sekali, sangat curam, perhiasannya besi, airnya nanah, di dalam tidak ada rahmat Allah sama sekali.

(Ali bin Abi Thalib)


[Terjemah Tanbihul Ghafilin jilid I/Abu Laits As Samarqandi/Toha Putra/ h. 51-52]
Back To Top